Senin, 26 September 2011

Konsep Dasar New Media dan Contoh Aplikasi New Media

Apa yang dimaksud New Media?

Apa yang dimaksud New Media?           
Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. Ada new media baru yaitu AR(Augmented Reality)adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Dapat digunakan dalam bidang kesehatan, militer, industri manufaktur dan bisa diaplikasikan pada telepon genggam.
Ada juga contoh dari new media.
Pengertian internet sendiri sebenarnya itu adalah sebuah jaringan komputer. Pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan yang berada di Amerika Serikat pada tahun 1969, yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa berkomunikasi jarak tak terhingga dengan menggunakan saluran telepon. Terancanglah sebuah proyek dalam bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, sekarang dikenal dengan sebutan TCP/IP.
Awal tujuan dibuatnya proyek tersebut untuk kepentingan dalam militer di Departemen Pertahanan Amerika, yaitu untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan menghindarimenghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.


Pandangan Terhadap New Media:
New Media hadir dikarenakan kebutuhan atau aktifias manusia yang semakin meluap.
Oleh karena itu manusia menghadirkan New Media dengan tujuan pokok mempermudah.
Baik mempermudah untuk berbuat benar ataupun mempermudah berbuat salah,
oleh karena itu, gunakanlah New Media dengan bijak.


Manfaat New Media
* Mempermudah
* Mempercepat

Component New Media

* Produsen                                          Yang membuat New Media tersebut.
* Distributor                                        Yang menyalurkan kepada konsumen.
* Konsume                                         Yang memakai (menggunakan) New Media.

Aplikasi New Media
Salah satu contoh dari New Media saat ini adalah Internet.
mengapa internet?
karena dengan hadirnya internet, kita dapat mempermudah berbagai macam urusan.
contohnya dalam urusan hiburan, komunikasi, informasi, transaksi uang, jual beli higga pekerjaanpun kini sudah dapat dilakukan dengan mudah dan singkat dengan menggunakan internet.
Berbeda dengan waktu dulu (tahun jebot, jadul alias jaman dulu) sebelum hadirnya internet,
mereka yang mengalami masa tersebut akan mencari hiburan melalui TV/Radio/Video CD/dll, sedangkan dalam komunikasi mereka menggunakan surat biasa/telepon/dll, untuk transaksi uangpun kini sudah banyak jasa internet banking yang dapat dilakukan untuk mempermudah dalam hal berniaga hingga membayar listrik/telepon/air/pengisian pulsa/dll, untuk urusan jual beli dahulu mereka akan sibuk dipusingi untuk berpergian mencari toko, akan tetapi kini sudah banyak yang mengggunakan sistem toko online yang dapat dilihat melalui internet, dan akhirnya cari uang (penghasilanpun) kini juga dapat menggunakan internet, sungguh berbeda bukan jaman dulu sama dengan jaman sekarang?

Ya itulah internet yang sedang top di kategori New Media,
Mungkinkah suatu saat nanti (masa depan) ada yang lebih hebat daripada internet?
kita nantikan saja.

Contoh kedua dari New Media pada masalah transportasi adalah sebagai berikut:
Jaman dulu alias jadul mereka yang mengalami menggunakan alat transportasi seperti sepeda/kuda/onta/getek/dll.
Akan tetapi sekarang ini (new media) sudah menggunakan mesin (bermotor) untuk melakukan transportasi sehingga perjalananpun lebih cepat bila dibandingkan dengan jaman dulu.

Itulah kendaraan bermotor yang saat ini menduduki New Media dibidang transportasi.
Akankah masa depan nanti ada yang lebih hebat daripada kendaraan bermotor?
Seperti teleport yang ada pada game-game?
mungkin iya, mungkin juga tidak.
kita nantikan saja.

Sumber : 
1.       wikipedia.com
2.       fikriaulia03.blogspot.com
3.    http://bagusikhwani.blogspot.com/2011/09/new-media.html


Nama : Riski Rima Melati
Kelas : 2IA09
NPM : 5410041



N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar